Sunday, August 10, 2014

Cak Lontong (Mikir! Mikir! Mikir!)
Bisnis MMM saat ini sedang ramai dibicarakan di tengah-tengah masyarakat. Gosip yang beredar sejauh ini bahwa dengan bergabung bisnis ini, ternyata di dunia ini ada cara mudah menjadi kaya mendadak tanpa memerlukan kerja yang melelahkan. Caranya bagaimana? Gampang, berinvestasilah dengan modal kecil (cukup dengan uang Rp 100.000), maka bulan-bulan selanjutnya akan mendapat bunga sebesar 30%.  Semakin besar nilai investasi maka penghasilan akan semakin besar pula. Jadi, tanpa bekerja pun kita akan mendapatkan kucuran uang yang mengalir lancar ke rekening. Mau?

MMM (Mavrodi Mondial Moneybox) adalah perusahaan yang menyediakan sistem saling transfer antar anggota. Perusahaan ini digagas oleh orang Rusia, Sergei Mavrodi. Kemunculan MMM, di Indonesia dibawa oleh Robertus Julyanto sejak tahun 2012. Anehnya di sini, MMM dikenal dengan Manusia Membantu Manusia padahal maksud pendirinya bukan itu. Mungkin, karena nama yang bisa memberi kesan membantu manusia itu juga yang membuat banyak orang tertarik bergabung.  Tapi kenyataannya, bisnis ini hanyalah semacam arisan berantai dengan sistem saling transfer antar anggota yang sudah bergabung.

Langkah pertama untuk bergabung dengan bisnis ini cukup membuat akun keanggotaan MMM lalu melakukan transfer yang jumlahnya mulai dari Rp 100.000 sampai Rp. 10.000.000. Setelah itu, tinggal menunggu hasilnya melalui rekening bank yang telah didaftarkan. Waw! Ternyata mudah benar mendapatkan uang. Tapi sebelum ikut bergabung sebaiknya kita mikir dulu, deh!  


Bisnis MMM?

MMM Tidak Masuk Akal
Menurut pakar perencana keuangan, Aidil Akbar, baru kali ini ada investasi yang berani menawarkan bunga sebesar 30% dalam satu bulan. Jenis investasi semacam ini tentu saja tidak masuk akal. Ini adalah permainan uang yang sangat aneh. Mau?

MMM Ilegal Dalam Hukum
Mestinya, jika bisnis ini legal dan terbukti aman harus memiliki izin OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Kusumaningtuti  Soetiono selaku Kepala Ekskutif Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK memperingatkan agar semua orang berhati-hati dengan bisnis MMM yang tidak masuk akal ini. Sebab, bisnis ini tidak mengantongi izin dan tentu saja tidak mendapatkan pengawasan dari pemerintah. Jadi, jika nanti  terjadi penipuan atau kerugian pemerintah tidak mau ikut campur.

Suatu Saat Akan Runtuh
Di awal-awal bergabung, di bulan-bulan pertama, mendapatkan uang dengan cara ini memang sangat mudah. Tapi lambat laun sangat berpotensi adanya penipuan dan kerugian.  Bisnis ini bisa berjalan karena ada anggota baru yang terus bergabung. Tapi, jika nanti tidak ada lagi orang yang mau bergabung, maka akan terjadi kemandekan dan sistem tidak akan bekerja. Saat ini banyak orang mengikuti arisan ini karena beranggapan bahwa ini adalah cara mudah menjadi kaya.

Terbukti Menipu
Pendiri MMM, Sergei Mavrodi, diduga terlibat dalam sebuah penipuan yang terjadi di India. Pada tahun 2013, otoritas keuangan India menangkap Michael Gulakhev dan Jennifer Menezes. Dua orang ini adalah pasangan suami istri yang berprofesi sebagai motivator dan penerjemah. Mereka cukup ulung dalam mempengaruhi orang-orang untuk ikut investasi dalam bisnisnya. Singkatnya, ada sekitar 20 rekening bank yang dibekukan oleh pihak berwenang karena terbukti melanggar hukum.


Itulah kenapa harus menghindari bisnis yang tidak jelas asal-usul dan kerjanya. Sebagai pelajaran, baca kisah perjuangan pengusaha sukses Chairul Tanjung.

Ditulis oleh Mohammad Haris Suhud, pencinta buku yang suka berbagi pengetahuan. Ikuti akun twitter @harrissuhud untuk diskusi dan lain-lain.

0 comments:

Post a Comment