Tuesday, August 19, 2014

Bingung Memilih Seragam Kantor


Bingung memilih seragam kantor tentu tidak akan anda alami jika anda adalah pegawai di sebuah perusahaan atau lembaga yang memiliki peraturan pasti tentang seragam yang harus dipakai. Misalkan anda adalah PNS (Pegawai Negeri Sipil), pasti seragam kantor tiap kali berangkat ke kantor adalah seragam yang berwarna cokelat itu.

Namun kenyataannya ada beberapa perusahaan yang tidak memiliki peraturan tentang seragam yang harus dipakai saat di kantor. Jika begini keadaannya, bagaimana anda harus menyikapinya? Apalagi, jika anda baru saja diterima sebagai pegawai dan pertama kali masuk kerja.

Kostum yang bagaimana yang seharusnya dipakai? Kondisi ini tentunya akan membingungkan, bukan?

Ya, anda bisa memakai kaos dan celana jin karena memang tidak ada peraturan yang jelas. Tapi untuk pertama kali masuk kerja, kostum tersebut pastinya tampak terlalu santai yang akan membuat diri anda malu sendiri di hari pertama masuk kerja.

Nah, di sini kami akan membagikan tips saat bingung memilih seragam kantor saat pertama kali masuk agar bisa menyesuaikan dengan  kebiasaan yang berlaku.

Bertanya

Malu bertanya tersesat di jalan. Pepatah ini memang ada benarnya. Dan memang, cara termudah agar kita tak salah kostum tentu saja adalah dengan cara bertanya kepada orang yang telah lama kerja di sana. Bertanya kepada supervisor atau bagian HRD adalah ide yang bagus. Anda tentu tidak ingin terlihat memalukan ketika anda pertama kali masuk kerja dengan penampilan yang tidak sesuai dengan budaya kantor.

Ini tidak kalah penting, karena kantor anda tidak memiliki seragam formal tertentu, ada baiknya anda bertanya kepada pegawai di sana yang sepangkat dengan anda. Karena biasanya, di beberapa perusahaan yang cukup besar, beda departemen dan beda pangkat memiliki model berpakaian yang berbeda juga.

Ikuti Isyarat Bos

Sudah menjadi kebiasaan, bahwa para CEO perusahaan memiliki kecenderungan ingin diikuti oleh bawahannya, termasuk dalam hal berpakaian saat di kantor. Jadi, jika anda melihat atasan di tempat anda bekerja memakai jas setiap hari, maka anda jangan pernah memakai pakaian warna-warni meskipun itu kesukaan anda.

Pastikan Anda Merasa nyaman

Meskipun ada tuntutan menyamakan dengan kebiasaan berpakaian di kantor, tetap kenyamanan adalah hal yang harus terpenuhi. Pastikan ketika anda berjalan di kantor, anda tidak merasa tidak nyaman dengan kostum yang sedang anda pakai.

Pelajari budaya perusahaan

Pada  awal-awal kerja, mempelajari dan berbaur dengan budaya kantor memang bukan hal yang mudah. Jika anda sudah berhasil mempelajari budayanya dan kode etik di kantor baru anda, maka pekerjaan memilih kostum pasti akan jadi lebih mudah dan anda tidak akan bingung memilih seragam kantor lagi.

Melakukan Pengamatan

Kembali ke awal saat anda melamar kerja: saat atau sesudah wawancara kerja, anda sebaiknya melakukan pengamatan tentang kebiasaan kostum yang mereka pakai saat kerja. Jika anda tidak sempat melakukan tugas ini, anda bisa melihat akun media sosial perusahaan seperti di Facebook, Twitter dan lainnya karena biasanya, perusahaan membagikan gambar-gambar di akun tersebut.

Jika anda memiliki pengalaman bingung memilih seragam kantor silakan bagikan pengalaman di kolom komentar di bawah.


*Tulisan ini disarikan dari situs mashable.com, artikel berjudul What Do You Wear to Work When Your Job Has No Dress Code.

Ditulis oleh Mohammad Haris Suhud, pencinta buku yang suka berbagi pengetahuan. Ikuti akun twitter @harrissuhud untuk diskusi dan lain-lain.

0 comments:

Post a Comment